Wednesday, April 20, 2011

Kata-Kata Dahsyat Dalam Buku Penggugah Hidup

Saya memiliki sebuah buku favorit. Buku itu berjudul "Kata Mutiara Penggugah Hidup" karangan Al-Azraq Ulluw yang berisikan tentang kata-kata berbobot yang dibuat oleh berbagai tokoh di dunia. Kata-kata tersebut memiliki berbagai tema. Ada yang tentang manusia, kehidupan, keberhasilan, kebahagiaan, dan lain-lain. Sesuai judul bukunya, memang kata-kata ini sangat menggugah perasaan saya. Setiap saya
merasakan suatu kegundahan karena berbagai macam problematika kehidupan, saya membaca buku ini. Lalu terbesit ide saya untuk membagikan kata-kata yang paling saya favoritkan dengan harapan agar bukan saya saja yang dapat menikmati keindahan kata-kata ini. Berikut kata-kata yang menurut saya paling bagus dalam buku "Kata Mutiara Pengguggah Hidup" ini.

"Manusia tidak terbagi menjadi yang baik dan yang jahat, melainkan orang baik separuhnya jahat, dan orang jahat separuhnya baik. Manusia tidak terbagi menjadi bahagia dan sengsara, karena waktu berlalu begitu cepat, dan masa senantiasa berganti-ganti. Adakalanya semula meneteskan air mata duka, tetapi kemudian menguntai senyum bahagia. Manusia tidak terbagi menjadi yang kaya dan yang miskin. Sebab, ketika menilai kekayaan seseorang kita juga seharusnya menilai keadaan hatinya, kesehatannta, dan kebahagiannya. Manusia juga tidak terbagi menjadi yang bertawadu' dan takabur, karena yang takabur pada sesama adalah bukan manusia." -Ela W.Wellkuks-

Abu Hurairah meriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW bersabda, "Hati orang yang sudah tua akan tetap muda dalam dua hal ; mencintai dunia dan cita-cita yang panjang." -Muttafaq Alaih-




Beberapa Usulan yang Membuat Hidupmu Bergairah

  • Biarkan inderamu menikmati suasana di sekitarmu
  • Hindari kebiasaan mencari-cari kekurangan diri
  • Bekerja itu sehat dan menjadi bagian dari pengobatan
  • Buatlah perencanaan untuk masa depan
  • Qana'ah, lau qana'ah
  • Berbuat baiklah pada orang lain
  • Sambut pagi dengan perasaan bahagia
  • Hadapi persoalan dengan penuh perhatian,analisa dan kepercayaan

-John A.Chindlan- (dengan sedikit edit)

"Pergunakan yang lima sebelum yang lima : hidupmu sebelum matimu, sehatmu sebelum sakitmu, kosongmu sebelum sibukmu, mudamu sebelum tuamu, dan kayamu sebelum miskinmu." -H.R. Al Baihaqi dan Ibnu 'Abbas-

"Fokuslah pada pekerjaan, bukan pada hasilnya. Jangan luangkan waktu untuk berpikir apakah hasilnya akan baik atau buruk. Sesungguhnya orang yang bijaksana tidak mementingkan baik-buruk hasil yang diperolehnya." -Beethoven-

"Cinta itu bukan aku memandangmu atau kau memandangku. Melainkan kita sama-sama memandang ke satu arah." -Saint Exsobery-


Itulah sedikit dari kata-kata dahsyat yang berasal dari buku yang saya baca , "Kata Mutiara Penggugah Hidup". Semoga bermanfaat.

1 comment: