Saturday, March 3, 2012

Ternyata Senang Menyendiri itu Tidak Baik, Kawan !

Kawan, jika ada yang memiliki hobi penyendiri, ini adalah satu artikel yang berguna yang mungkin dapat membuat anda yang penyendiri dapat mempertimbangkan hobi anda itu. Tapi sebelumnya saya ingin jujur. Sebenarnya saya pun tidak ada bedanya dengan kawan-kawan yang memiliki hobi penyendiri. Hehe. Ya, saya terus terang sangat menikmati waktu dikala saya sedang sendiri. Saat sendiri saya bebas berpikir,merenung,bermimpi,bahkan sampai berkhayal tingkat tinggi. Hahaha. Tapi kali ini saya akan berpikir dua kali untuk mempertahankan hobi saya itu karena ada suatu penelitian akhir-akhir ini yang menyebutkan bahwa kesenderian itu dapat memicu penyakit darah tinggi. Wah, ogah ah kalo gitu.. Berikut ini beritanya yang saya ambil dari metrotvnews.com.


Metrotvnews.com, Jakarta: Kesendirian itu menyakitkan. Seperti yang disimpulkan dari hasil pengamatan Psikolog Sosial Universitas Chicago, AS, John Cacioppo.

Bersama koleganya, Steve Cole, dari UniversitasCalifornia (UCLA), meneliti kaitan kesepian yang dialami orang serta pengaruhnya pada kesehatan.

Hasilnya, kesendirian dan rasa sepi berpotensi tinggi memicu penyakit darah tinggi, tingkat daya tahan tubuh, hingga kemampuan belajar dan memori otak.

Dalam penyajian hasil penelitian pada pertemuan akademisi psikologi sosial di San Diego, AS, rasa sepi telah memicu peningkatan hormon kortisol serta tekanan darah.

Selain itu, terlalu lama merasakan kesepian dapat mengubah kemampuan interaksi sosial seseorang, menumbuhkan reaksi berlebih dan tingkah laku negatif.

Peneliti menyatakan cara terbaik untuk mengatasi kesepian adalah berusaha melihat dunia secara positif dan mencoba berbagi waktu dengan sesama secara baik. (LiveScience/MI/RIZ)
Ya, itulah artikelnya. Patut dipertimbangkan. Untungnya saya adalah orang yang hobi menyendiri tapi tidak anti sosial. Jadi, kawan-kawan semua, menyendiri masih boleh koq tidak dilarang. Tapi intensitasnya perlu dikurangi dan sosialisasi harus lebih ditingkatkan lagi. Kalau tidak? Siapp-siap darah tingginya naik..hiii.... :)

1 comment:

  1. Kalau menurut ane gan, penelitian ntu ngebahas soal ngerasa kesepian, bukannya pilihan menyendiri gitu. Maaf nih, cuma pendapat. Fine aja kalau ada yang beda pendapatnya.

    ReplyDelete